Kamis, 05 Januari 2012

MANUSIA DAN KEADILAN


pengertian keadilan
Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa "Keadilan adalah kelebihan pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran" . Tapi, menurut kebanyakan teori juga, keadilan belum lagi tercapai: "Kita tidak hidup di dunia yang adil" . Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan. Tapi, banyaknya jumlah dan variasi teori keadilan memberikan pemikiran bahwa tidak jelas apa yang dituntut dari keadilan dan realita ketidakadilan, karena definisi apakah keadilan itu sendiri tidak jelas. keadilan intinya adalah meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya
Sumber: metakalasari.wordpress.com/2010/06/09/pengertian-keadilan

Keadilan sosial
Keadilan sosial adalah suatu konsep dan pratek yang berkembang, serta menjangkau hampir semua sisi kehidupan manusia. Lebih jauh dari itu, keadilan sosial adalah bagian dari klaim banyak pemerintah,dan warga negara seringkali tidak merasakan klaim itu 
Berbagai macam keadilan
Legal atau moral
Keadilan terwujud dalam masyarakat karena anggota masyarakat melakukan funginya dengan baik, contoh dokter berfungsi sebagai dokter
Distibutif
Keadilan yang terjadi karena terlaksananya pemenuhan secara bersama-sama, contoh:keadilan sesuai dengan prosedur
Komutatif
Keadilan yang bertujuan memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum,


kejujuran
Jujur bermakna keselarasan antara berita dengan kenyataan yang ada. Jadi, kalau suatu berita sesuai dengankeadaan yang ada, maka dikatakan benar/jujur, tetapi kalautidak, maka dikatakan dusta. Kejujuran itu ada pada ucapan,juga ada pada perbuatan, sebagaimana seorang yang melakukan suatu perbuatan, tentu sesuai dengan yang
ada pada batinnya. Seorang yang berbuat riya’ tidaklah dikatakan sebagai seorang yang jujur kerana dia telah menampakkan sesuatu yang berbeza dengan apa yang dia sembunyikan (di dalambatinnya)
Sumber :www.scribd.com/doc/39472689/DEFINISI-JUJUR

Kecurangan
Kecurangan adalah penipuan kriminal yang bermaksud memberi manfaat keuangan kepada si penipu.
Pengertian tersebut menjelaskan bahwa kriminal bukan digunakan secara ketat dalam arti hukum. Kriminal berarti setiap tindakan kesalahan yang serius yang dilakukan dengan maksud jahat. Dengan demikian, meskipun seorang pelaku kecurangan dapat menghindari penuntutan kriminal secara berhasil, tindakan kriminal mereka tetap dipertimbangkan.
Kecurangan adalah istilah umum, mencakup berbagai ragam alat yang kecerdikan manusia dapat direncanakan, dilakukan oleh seseorang individual, untuk memperoleh manfaat terhadap pihak lain dengan penyajian yang palsu. Tidak ada aturan yang tetap dan tanpa kecuali dapat ditetapkan sebagai dalil umum dalam mendefinisi kecurangan karena kecurangan mencakup kekagetan, akal muslihat, kelicikan dan cara-cara yang tidak layak/wajar untuk menipu orang lain. Batasan satu-satunya mendefinisikan kecurangan adalah apa yang membatasi sifat serakah manusia.
Selama ini, kecurangan dicirikan oleh penipuan (deceit), penyembunyian (concealment), atau pelanggaran kepercayaan (violation of trust). Tindakan-tindakan tersebut tidak tergantung pada aplikasi ancaman pelanggaran atau kekuatan fisik. Kecurangan dilakukan oleh individual dan organisasi untuk memperoleh uang, kekayaan atau jasa, untuk menghindari pembayaran atau kerugian jasa, atau untuk mengamankan kepentingan pribadi atau usaha.
Sumber: http://andreasutomo .ngeblogs.info/2011/03/18/hakikat-kejujuran dan kecurangan

Perhitungan (hisab) dan pembalasan
Pengertian hisab dan pembalsan disini adalah, peristiwa Allah menampakkan kepada manusia amalan mereka di dunia dan menetapkannya. Atau Allah mengingatkan dan memberitahukan kepada manusia tentang amalan kebaikan dan keburukan yang telah mereka lakukan.
Sumber: abdullah-syauqi.cybermq.com/post/.../hisab-pada-hari-pembalasan

Pemulihan nama baik
Pemulihan nama baik di ibaratkan seperti peribahasa lebih baik mati daripada mendapat malu.di artikan bahwa berarti pemulihan nama baik merupakan harga mati dan memang sangat- sangat di junjung tinggi.
Pembalasan adalah reaksi atau perbuatan atas perbuatan orang lain yang dapat berupa sumpah, perbuatan yang seimbang, tingkah laku yang serupa atau seimbang. Nama baik juga sering diartikan dengan kekayaan yang tak ternilai harganya.
Sumber: rinton.blogdetik.com/tag/pemulihan-nama-baik

Pembalasan
Pembalasan muncul karena adanya sebuah reaksi atau perbuatan orang lain terhadap seseorang . pembalasan merupakan sifat alamiah yang dimilikki oleh manusia dan bentuknya berbeda-beda tergantung reaksi atau perbuatan apa yang telah dilakukan orang lain terhadap seseorang tersebut ada yang bersifat negatif maupun positif .pembalasan yang mungkin terjadi berupa perbuatan serupa atau perbuatan yang seimbang.
Sumber: windyku.wordpress.com/2011/03/13/keadilan-dan-pembalasan/

KESIMPULAN :
manusia dalam kehidupannya selalu dikaitkan dengan dua pilihan antara bersikap jujur atau curang. bagi manusia yang mengerti bahwa dirinya sebagai mahluk sosial dan mempedulikan arti dari keadilan sosial, tentunya mereka akan selalu berusaha untuk bersikap jujur untuk kepentingan bersama. tentunya juga agar selalu tercipta keadilan. namun bagi manusia yang selalu mementingkan dirinya sendiri, kecurangan sudah menjadi hal yang biasa, oleh sebab itu keadilan tidak menjadi tujuan bagi mereka yang melakukan kecurangan. antara manusia yang bersikap jujur dan melakukan kecurangan mereka sama-sama menjalani hidup mereka masing masing. namun orang yang berprilaku curang tidak meyakini bahwa sesungguhnya nanti akan ada waktunya pembalasan bagi mereka, baik itu di dunia ataupun di akhirat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar