I. Koperasi
dalam Pasar persaingan sempurna
Persaingan
sempurna adalah struktur pasar yang paling banyak digunakan oleh para ahli
ekonomi sebagai dasar analisis dan perencanaan suatu perekonomian.
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna :
1.
Banyak penjual dan pembeli
2.
Produk yang dihasilkan perusahaan bersifat homogen
3.
Perusahaan bebas keluar masuk pasar
4.
Para pembeli dan penjual mempunyai informasi yang lengkap mengenai kondisi
pasar, struktur harga dan kualitas barang.
Yang perlu
dicermati dari konsepsi pasar persaingan sempurna ini bagi koperasi sebagai
perusahaan di pasar global adalah :
1.
Total penerimaan koperasi hanya ditentukan oleh jumlah produk yang dijual karma
harga adalah konstan
2.
Harga pasar tidak dapat dikendalikan oleh koperasi ataupun perusahaan lain
secara perseorangan
3.
Perubahan harga pasar hanya terjadi karena adanya perubahan pada kurva
permintaan pasar atau pada kurva penawaran ataupun karena kedua-duanya.
Oleh sebab
itu persaingan harga tidak cocok oleh para pelaku bisnis termasuk koperasi di
pasar persaingan sempurna.
Untuk
mendapatkan keuntungan yang lebih besar maka koperasi harus mampu bersaing
dalam hal biaya.
Menurut konsepsi
koperasi biaya produksi akan dapat diminimumkan berdasarkan skala ekonomi baik
sebagai koperasi produsen mupun konsumen.
II. Koperasi
Dalam Pasar Monopoli
Pasar
monopoli adalah bentuk dari organisasi pasar dimana hanya ada satu perusahaan
/penjual suatu produk di pasar yang bersangkutan.
Ciri-ciri :
1.
Produk yang dijual tidak ada produk substitusinya, artinya tidak dapat
digantikan penggunanya oleh produk lain
2.
Konsumen banyak
3.
Memasuki industri yang menghasilkan produk monopoli baik secara legal maupun
alamiah sangat sulit bahkan tidak mngkin
Berdasarkan
ciri tersebut nampaknya sangat sulit bagi koperasi untuk menjadi pelaku
monopoli dimasa yang akan datang baik dalam cangkupan lokal, regional, dan
nasional.
III.
Koperasi Dalam Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar
Persaingan Monopolistik dapat diartikan sebagai pasar monopoli yang bersaing.
Disimpulkan
bahwa pasar suatu produk dikatakan berada dalam keadaan persaingan monopolostik
apabila dalam pasar tersebut terdapat cirri-ciri pasar persaingan monopolistic.
Ciri-ciri:
1.
Banyak penjual dari suatu produk yang beragam
2.
produk tidak homogen
3.
ada produk substitusinya
4.
keluar masuk pasar relatif lebih mudah
5.
harga produk tidak sama disemua pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar